Kebijakan Dasar STIU DQ

Dalam 15 tahun ke depan, STIU DQ memiliki Tiga Milestone

Milestone Pertama:
Penguatan Prodi IAT
Tahun 2019-2024
(Capacity Building)

Pendidikan

  1. Dokumen kurikulum IAT yang mengacu KKNI
  2. Standarisasi mata kuliah yang mengacu kepada VMTS prodi IAT
  3. Katagorisasi mata kuliah berdasarkan bidang tafsir klasik, kontemporer, dan
    keindonesiaan
  4. Mahasiswa menghafal 10 juz Al-Qur’an dengan tartil pada semester 8
  5. Mahasiswa mencapai skor 450 pada test TOAFL
  6. Mahasiswa menguasai 1.800 kosakata bahasa Arab pada semester 8
  7. 25% Mahasiswa menulis skripsi berbahasa Arab

Penelitian

  1. Terselenggaranya pelatihan metode penelitian untuk dosen
  2. Penulisan hasil riset berdasarkan 3 bidang tafsir klasik, kontemporer, dan
    keindonesiaan
  3. Partisipasi aktif mathasiswa dalam penelitian
  4. Penerbitan Jurnal terakreditasi dan terindeks skala nasional

PKM

  1. Terselenggaranya pelatihan PkM untuk dosen dan mahasiswa
  2. Interkoneksi antara program pengabdian dengan penelitian
  3. Keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam PkM
  4. Kerjasama antar-stakeholders dalam PkM

Organisasi dan kelembagaan

  1. Akreditasi program studi dan institusi dari BAN PT
  2. Menjalin kerjasama antar lembaga dalam negeri.
  3. Membangun tata kelola institusi yang sesuai standar nasional perguruan tinggi

SDM

  1. Pelatihan peningkatan kualitas pembelajaran bagi dosen
  2. Pelatihan pelayanan prima bagi tenaga kependidikan;
  3. pemahaman visi dan misi IAT STIU DQ pada dosen dan tenaga kependidikan hingga
    75%;
  4. keterlibatan dosen dan tenaga kependidikan di forum-forum eksternal; dan
  5. Penambahan dosen hingga mencapai rasio 1 : 30– 31 (mahasiswa).

Teknologi

  1. Pembuatan website mandiri STIU DQ
  2. Pembuatan akun media sosial STIU DQ
  3. Penambahan fasilitas dan jaringan internet untuk kegiatan pmebelajaran di seluruh
    kampus;
  4. Fasilitasi internet bagi dosen dan mahasiswa yang memadai untuk pembelajaran dan
    kegiatan akademik;
  5. Pelayanan berbasis online untuk pembelajaran dan kegiatan akademik

Sarana dan Prasarana

  1. Memiliki kampus mandiri terpadu
  2. Setiap kelas memenuhi standar minimal pembelajaran modern
  3. Kebersihan lingkungan kampus dan fasilitas pembelajaran

Keuangan

  1. Pencapain serapan anggaran mencapai 90%;
  2. prioritas pembiayaan untuk kegiatan akademik dan pengembangan fasilitas
    pembelajaran.
  3. Alokasi beasiswa mahasiswa berprestasi untuk meningkatkan akses pendidikan.
  4. Alokasi pendanaan untuk pengembangan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang
    Al-Qur’an dan bahasa Arab.

Milestone Kedua:
Manajemen dan Tata Kelola Lembaga yang Baik
Tahun 2025-2029
(Good University Governance)

Pendidikan

  1. Jalur penerimaan mahasiswa bervariatif sehingga program studi memperoleh input
    mahasiswa yang berkualitas
  2. Mahasiswa menghafal 12 juz Al-Qur’an dengan tartil pada semester 8 dan berdaya
    saing di skala regional
  3. Mahasiswa mencapai skor 500 pada test TOAFL
  4. Mahasiswa menguasai 2.000 kosakata bahasa Arab
  5. 50% Mahasiswa menulis skripsi berbahasa Arab

Penelitian

  1. Penulisan hasil riset berdasarkan perpaduan dua metode tafsir.
  2. Penelitian kolaboratif pengembangan disiplin ilmu
  3. Alokasi biaya penelitian kompetitif mahasiswa setiap tahun
  4. 85 % dosen mengikuti upgrade kemampuan meneliti
  5. Peningkatan indeks akreditasi Jurnal skala nasional dan berdaya saing di skala
    regional

PkM

  1. Program dan kegaiatan pengabdian berdasarkan pada data base masalah-masalah
    sosial yang tersedia di lembaga
  2. Memiliki desa binaan sebagai pusat kegiatan pengabdian kepada masyarakat
  3. Kegiatan pengabdian kolaboratif dengan lembaga lain
  4. Tersedianya data tentang masalah-masalah sosial yang dijadikan referensi bagi
    kegiatan pengabdian

Organisasi dan kelembagaan

  1. Penambahan 2 program studi baru;
  2. Peningkatan status kreditasi program studi dan institusi dari BAN PT
  3. Penambahan jumlah kerjasama antar lembaga dalam negeri
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga uar negeri

SDM

  1. Pelatihan peningkatan kapasitas bagi dosen dan tenaga kependidikan setiap tahun;
  2. Pendelegasian acara-acara eksternal secara selektif;
  3. Kegiatan kolaboratif dengan pihak lain dalam pengembangan kapsitas;
  4. Penyediaan akomodasi bagi civitas akademika dalam pengembangan diri; dan
  5. Penyampaian penghargaan/reward bagi civitas akademika berprestasi pada setiap
    akhir tahun

Teknologi

  1. Pemutakhiran website mandiri STIU DQ
  2. Pembuatan website alumni STIU DQ
  3. Seluruh ruang kuliah dan fasilitas pembelajaran terkoneksi internet dan sarana
    teknologi informasi;
  4. 90% dosen dan tenaga kependidikan mengikuti pelatihan pemanfaatan teknologi
    informasi;
  5. 90 % mahasiswa menguasai program office dan dasar-dasar teknologi informasi bagi
    pembelajaran.

Sarana dan prasarana

  1. Memiliki kampus mandiri terpadu yang mengikuti standar perguruan tinggi nasional
  2. Setiap kelas memenuhi 75% standar pembelajaran modern
  3. Penambahan katalog koleksi perpustakaan STIU DQ
  4. Menciptakan lingkungan kampus berbasis go green

Keuangan

  1. Pencapain serapan anggaran mencapai 95%
  2. Prioritas pembiayaan untuk apresiasi akademik bagi mahasiswa.
  3. Peningkatan alokasi beasiswa mahasiswa berprestasi untuk meningkatkan akses
    pendidikan.
  4. Akuntabilitas dan pertanggungjawaban penggunaan dana secara terbuka dan
    transparan

Milestone Ketiga:
Kampus Berdaya Saing
Tahun 2029-2034
(Competitive Institution)

Pendidikan

  1. Jalur penerimaan mahasiswa bervariatif sehingga program studi memperoleh input
    mahasiswa yang berkualitas
  2. Mahasiswa menghafal 15 juz Al-Qur’an dengan tartil pada semester 8
  3. Mahasiswa mencapai skor 550 pada test TOAFL
  4. Mahasiswa menguasai 2.200 kosakata bahasa Arab
  5. 75% Mahasiswa menulis skripsi berbahasa Arab

Penelitian

  1. 30% Penulisan hasil riset berbasis lapangan (Living Qur’an)
  2. 50% hasil riset dipublikasi dan disebarluaskan melalui forum ilmiah, publikasi (buku
    dan jurnal), dan implementasi praktis; Alokasi biaya penelitian kompetitif mahasiswa
    setiap tahun
  3. 85 % dosen mengikuti upgrade kemampuan meneliti
  4. Peningkatan indeks akreditasi Jurnal skala nasional

PkM

  1. Akselerasi gerakan moderasi agama dalam program PkM
  2. Memiliki 2 desa binaan sebagai pusat kegiatan pengabdian kepada masyarakat di 2
    provinsi
  3. Kegiatan pengabdian kolaboratif dengan lembaga-lembaga lain

Organisasi dan kelembagaan

  1. Penambahan 1 fakultas baru
  2. Membuka program pasca sarjana IAT
  3. Peningkatan status kreditasi program studi dan institusi dari BAN PT menjadi
    akreditasi unggul
  4. Penambahan jumlah kerjasama dengan lembaga dalam negeri dan luar negeri

SDM

  1. 85% dosen dan tenaga kependidikan mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas;
  2. Setiap dosen dan tenaga kependidikan memiliki pamahaman yang sama terhadap visi
    lembaga dan berkontribusi dalam mewujudkannya;
  3. Kegiatan kolaboratif dengan pihak lain dalam pengembangan kapsitas;
  4. Peningkatan akomodasi bagi civitas akademika dalam pengembangan diri; dan
  5. Penyampaian penghargaan/reward bagi civitas akademika berprestasi pada setiap
    akhir tahun

Teknologi

  1. Evaluasi efektifitas website dan media sosial STIU
  2. 100% dosen dan tenaga kependidikan mengikuti pelatihan pemanfaatan teknologi informasi;
  3. 100 % mahasiswa menguasai program office dan dasar-dasar teknologi informasi bagi pembelajaran.

Sarana dan prasarana

  1. Memiliki kampus mandiri terpadu yang mengikuti standar perguruan tinggi nasional
  2. Setiap kelas memenuhi 100% standar pembelajaran modern
  3. Membuat katalog perpustakaan berbasis digital
  4. Menciptakan lingkungan kampus berbasis go green

Keuangan

  1. Pencapain serapan anggaran mencapai 100%;
  2. Prioritas pembiayaan untuk apresiasi minat dan bakat bagi sivitas akademika.
  3. Peningkatan alokasi beasiswa mahasiswa berprestasi untuk meningkatkan akses
    pendidikan.