Kebijakan Dasar STIU DQ
Dalam 15 tahun ke depan, STIU DQ memiliki Tiga Milestone
Milestone Pertama:
Penguatan Prodi IAT
Tahun 2019-2024
(Capacity Building)
Pendidikan
- Dokumen kurikulum IAT yang mengacu KKNI
- Standarisasi mata kuliah yang mengacu kepada VMTS prodi IAT
- Katagorisasi mata kuliah berdasarkan bidang tafsir klasik, kontemporer, dan
keindonesiaan - Mahasiswa menghafal 10 juz Al-Qur’an dengan tartil pada semester 8
- Mahasiswa mencapai skor 450 pada test TOAFL
- Mahasiswa menguasai 1.800 kosakata bahasa Arab pada semester 8
- 25% Mahasiswa menulis skripsi berbahasa Arab
Penelitian
- Terselenggaranya pelatihan metode penelitian untuk dosen
- Penulisan hasil riset berdasarkan 3 bidang tafsir klasik, kontemporer, dan
keindonesiaan - Partisipasi aktif mathasiswa dalam penelitian
- Penerbitan Jurnal terakreditasi dan terindeks skala nasional
PKM
- Terselenggaranya pelatihan PkM untuk dosen dan mahasiswa
- Interkoneksi antara program pengabdian dengan penelitian
- Keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam PkM
- Kerjasama antar-stakeholders dalam PkM
Organisasi dan kelembagaan
- Akreditasi program studi dan institusi dari BAN PT
- Menjalin kerjasama antar lembaga dalam negeri.
- Membangun tata kelola institusi yang sesuai standar nasional perguruan tinggi
SDM
- Pelatihan peningkatan kualitas pembelajaran bagi dosen
- Pelatihan pelayanan prima bagi tenaga kependidikan;
- pemahaman visi dan misi IAT STIU DQ pada dosen dan tenaga kependidikan hingga
75%; - keterlibatan dosen dan tenaga kependidikan di forum-forum eksternal; dan
- Penambahan dosen hingga mencapai rasio 1 : 30– 31 (mahasiswa).
Teknologi
- Pembuatan website mandiri STIU DQ
- Pembuatan akun media sosial STIU DQ
- Penambahan fasilitas dan jaringan internet untuk kegiatan pmebelajaran di seluruh
kampus; - Fasilitasi internet bagi dosen dan mahasiswa yang memadai untuk pembelajaran dan
kegiatan akademik; - Pelayanan berbasis online untuk pembelajaran dan kegiatan akademik
Sarana dan Prasarana
- Memiliki kampus mandiri terpadu
- Setiap kelas memenuhi standar minimal pembelajaran modern
- Kebersihan lingkungan kampus dan fasilitas pembelajaran
Keuangan
- Pencapain serapan anggaran mencapai 90%;
- prioritas pembiayaan untuk kegiatan akademik dan pengembangan fasilitas
pembelajaran. - Alokasi beasiswa mahasiswa berprestasi untuk meningkatkan akses pendidikan.
- Alokasi pendanaan untuk pengembangan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang
Al-Qur’an dan bahasa Arab.
Milestone Kedua:
Manajemen dan Tata Kelola Lembaga yang Baik
Tahun 2025-2029
(Good University Governance)
Pendidikan
- Jalur penerimaan mahasiswa bervariatif sehingga program studi memperoleh input
mahasiswa yang berkualitas - Mahasiswa menghafal 12 juz Al-Qur’an dengan tartil pada semester 8 dan berdaya
saing di skala regional - Mahasiswa mencapai skor 500 pada test TOAFL
- Mahasiswa menguasai 2.000 kosakata bahasa Arab
- 50% Mahasiswa menulis skripsi berbahasa Arab
Penelitian
- Penulisan hasil riset berdasarkan perpaduan dua metode tafsir.
- Penelitian kolaboratif pengembangan disiplin ilmu
- Alokasi biaya penelitian kompetitif mahasiswa setiap tahun
- 85 % dosen mengikuti upgrade kemampuan meneliti
- Peningkatan indeks akreditasi Jurnal skala nasional dan berdaya saing di skala
regional
PkM
- Program dan kegaiatan pengabdian berdasarkan pada data base masalah-masalah
sosial yang tersedia di lembaga - Memiliki desa binaan sebagai pusat kegiatan pengabdian kepada masyarakat
- Kegiatan pengabdian kolaboratif dengan lembaga lain
- Tersedianya data tentang masalah-masalah sosial yang dijadikan referensi bagi
kegiatan pengabdian
Organisasi dan kelembagaan
- Penambahan 2 program studi baru;
- Peningkatan status kreditasi program studi dan institusi dari BAN PT
- Penambahan jumlah kerjasama antar lembaga dalam negeri
- Menjalin kerjasama dengan lembaga uar negeri
SDM
- Pelatihan peningkatan kapasitas bagi dosen dan tenaga kependidikan setiap tahun;
- Pendelegasian acara-acara eksternal secara selektif;
- Kegiatan kolaboratif dengan pihak lain dalam pengembangan kapsitas;
- Penyediaan akomodasi bagi civitas akademika dalam pengembangan diri; dan
- Penyampaian penghargaan/reward bagi civitas akademika berprestasi pada setiap
akhir tahun
Teknologi
- Pemutakhiran website mandiri STIU DQ
- Pembuatan website alumni STIU DQ
- Seluruh ruang kuliah dan fasilitas pembelajaran terkoneksi internet dan sarana
teknologi informasi; - 90% dosen dan tenaga kependidikan mengikuti pelatihan pemanfaatan teknologi
informasi; - 90 % mahasiswa menguasai program office dan dasar-dasar teknologi informasi bagi
pembelajaran.
Sarana dan prasarana
- Memiliki kampus mandiri terpadu yang mengikuti standar perguruan tinggi nasional
- Setiap kelas memenuhi 75% standar pembelajaran modern
- Penambahan katalog koleksi perpustakaan STIU DQ
- Menciptakan lingkungan kampus berbasis go green
Keuangan
- Pencapain serapan anggaran mencapai 95%
- Prioritas pembiayaan untuk apresiasi akademik bagi mahasiswa.
- Peningkatan alokasi beasiswa mahasiswa berprestasi untuk meningkatkan akses
pendidikan. - Akuntabilitas dan pertanggungjawaban penggunaan dana secara terbuka dan
transparan
Milestone Ketiga:
Kampus Berdaya Saing
Tahun 2029-2034
(Competitive Institution)
Pendidikan
- Jalur penerimaan mahasiswa bervariatif sehingga program studi memperoleh input
mahasiswa yang berkualitas - Mahasiswa menghafal 15 juz Al-Qur’an dengan tartil pada semester 8
- Mahasiswa mencapai skor 550 pada test TOAFL
- Mahasiswa menguasai 2.200 kosakata bahasa Arab
- 75% Mahasiswa menulis skripsi berbahasa Arab
Penelitian
- 30% Penulisan hasil riset berbasis lapangan (Living Qur’an)
- 50% hasil riset dipublikasi dan disebarluaskan melalui forum ilmiah, publikasi (buku
dan jurnal), dan implementasi praktis; Alokasi biaya penelitian kompetitif mahasiswa
setiap tahun - 85 % dosen mengikuti upgrade kemampuan meneliti
- Peningkatan indeks akreditasi Jurnal skala nasional
PkM
- Akselerasi gerakan moderasi agama dalam program PkM
- Memiliki 2 desa binaan sebagai pusat kegiatan pengabdian kepada masyarakat di 2
provinsi - Kegiatan pengabdian kolaboratif dengan lembaga-lembaga lain
Organisasi dan kelembagaan
- Penambahan 1 fakultas baru
- Membuka program pasca sarjana IAT
- Peningkatan status kreditasi program studi dan institusi dari BAN PT menjadi
akreditasi unggul - Penambahan jumlah kerjasama dengan lembaga dalam negeri dan luar negeri
SDM
- 85% dosen dan tenaga kependidikan mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas;
- Setiap dosen dan tenaga kependidikan memiliki pamahaman yang sama terhadap visi
lembaga dan berkontribusi dalam mewujudkannya; - Kegiatan kolaboratif dengan pihak lain dalam pengembangan kapsitas;
- Peningkatan akomodasi bagi civitas akademika dalam pengembangan diri; dan
- Penyampaian penghargaan/reward bagi civitas akademika berprestasi pada setiap
akhir tahun
Teknologi
- Evaluasi efektifitas website dan media sosial STIU
- 100% dosen dan tenaga kependidikan mengikuti pelatihan pemanfaatan teknologi informasi;
- 100 % mahasiswa menguasai program office dan dasar-dasar teknologi informasi bagi pembelajaran.
Sarana dan prasarana
- Memiliki kampus mandiri terpadu yang mengikuti standar perguruan tinggi nasional
- Setiap kelas memenuhi 100% standar pembelajaran modern
- Membuat katalog perpustakaan berbasis digital
- Menciptakan lingkungan kampus berbasis go green
Keuangan
- Pencapain serapan anggaran mencapai 100%;
- Prioritas pembiayaan untuk apresiasi minat dan bakat bagi sivitas akademika.
- Peningkatan alokasi beasiswa mahasiswa berprestasi untuk meningkatkan akses
pendidikan.